Excalibur Masih Pemula: DASAR PEMBUATAN AWAL CAT WARNA

Tuesday, November 3, 2015

DASAR PEMBUATAN AWAL CAT WARNA

warna merupakan ciptaan Allah SWT. tidak akan ada 1 manusiapun yang dapat menciptakan warna, kecuali Allah yang memberikan kemampuan dan bahan untuk membuat warna. Pada pagi ini saya ingin mmbritahu kalian mengenai pembuatan warna hijau, kuning, hitam dan merah.
HIJAU
Kombinasi antara daun pandan dan daun suji paling sering digunakan untuk warna hijau pada makanan. Daun suji akan memberikan efek hijau lebih kuat dibanding daun pandan. Namun, daun pandan memiliki keunggulan karena menghasilkan aroma yang wangi. Keduanya bisa dipadu untuk mendapatkan warna hijau dan aroma harum sekaligus. 

  
Untuk membuat warna hijau dari daun pandan dan suji yaitu dengan menumbuk halus daun suji atau pandan yang telah diiris tipis. Atau bisa menggunakan blender yang telah di isi air secukupnya (tidak melebihi takaran dari ukuran pandan dan suji) lalu masukan daun pandan dan suji, peras dan saring.
Selain daun pandan dan suji.  

Bayam juga bisa digunakan untuk membuat  warna hijau. Cukup dengan menghaluskan 75-100 gram daun bayam segar dengan sedikit air memakai blender. Peras dan saring ampasnya. Gunakan sari bayam sebagai pewarna makanan.
    

KUNING

Warna kuning merupakan ciri khas orang yang selalu riang dan senang.Untuk membuat warna kuning kita bisa menggunkan bahan baku dari kunyit. Warna kuning kunyit berasal dari kurkumin (warna kuning ada pada dalam kunyit) yang dikandungnya.


                                                      








 kurkumin pada jahe


Cara pembuatannya dengan cara mengupas kunyit, diparut hingga halus, diperas dan disaring untuk menghasilkan pewarna kuning.Yang harus diperhatikan adalah noda kunyit yang sulit hilang jika menempel pada tangan. Ada baiknya memakai celemek dan bersarung tangan saat memeras kunyit.
 bahan kuning telur juga bisa untuk membuat warna kuning   

HITAM

Pewarna hitam yang umum digunakan di Indonesia adalah abu merang.Bubuk hitam ini diperoleh dari pembakaran merang (batang padi yang dikeringkan). Cara memakainya, rendam abu merang dalam air. Diamkan hingga mengendap dan airnya berubah hitam jernih.
                                             












Batang padi yang dikeringkan 

  

Tinta cumi juga biasa digunakan untuk memberi warna hitam.

MERAH
Warna merah mungkin adalah warna yang paling banyak digunakan karena menarik untuk dijadikan warna makanan. Untuk mendapatkan warna ini, kamu bisa memakai bahan Bunga mawar. Ambil mahkota bunga mawar sebanyak 200-300 gram untuk
tiap liter air. Bunga sudah dilayukan 3-4 hari. Ambil 1 liter air (sebagai pelarut) tambahkan asam sitrat 50 gram, aduk hingga larut. Pelarut sebanyak 500ml dimasukkan blender lalu tambahkan bunga mawar sebagian, lalukan pembelederan, jika telah hancur tambahkan sisa bunga mawar dan lakukan blender ulang. Tujuannya agar bunga hancur semua. Tuang jus bunga mawar ini ke baskom dantambahkan sisa pelarutnya.Aduk rata dan biarkan semalam dalam suhu kamar. Jika disimpan di kulkas akan lebih cepat (1-2jam). Saring. Maka telah diperoleh pigmen (pewarna) yang siap digunakan. Masukkan dalam botol untuk disimpan dalam kulkas dan digunakan
sewaktu-waktu.


Cukup sekian dan terima kasih







Referensi:
http://www.femina.co.id/kuliner/info.kuliner/pewarna.alami/004/002/626
https://blog.tokopedia.com/2015/02/kue-lucu-warna-warni-pakai-saja-bahan-pewarna-alami-untuk-makanan/

No comments:

Post a Comment