Tugas Pengantar
Bisnis Bab 6 “PEMASARAN”
NAMA: RIZKI SEPTA ANUGRAH
KELAS: 1EB08
NPM: 27213941
KELAS: 1EB08
NPM: 27213941
*PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pasar merupakan kelompok individual yang mempunyai permintaan terhadap barang
tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasika pembelian tersebut.
Pemasaran merupakan kegiatan pemasar untuk
menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan
barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikan
melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan
perusahaan
*Jenis-Jenis
Pasar
A.
Pasar konsumen:
konsumen membeli barang untuk dikonsumsikan,pembeli individual/pembeli rumah
tangga (non-bisnis). Barang yang dibeli adalah barang konsumsi.
B.
Pasar industri: pasar
yang terdiri atas individu, lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang
untuk dipakai lagi, secara langsung maupun tidak langsung, dalam memproduksi
barang lain kemudian dijual. Barang yang dibeli merupakan barang industri.
C.
Pasar penjual:
konsumen membeli barang-barang denagn maksud untuk dijual lagi atau disewakan
untuk mendapatkan laba.
D.
Pasar pemerintah:
pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah, seperti:
departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinas, dan instansi lain.
*KONSEP KONSEP INTI PEMASARAN
·
Kebutuhan merupakan suatu keadaan dirasakanya
ketadaan kepuasaan dasar tertentu dan sifat ada dan terletak dalam tubuh dan
kondisi manusia.
·
Keinginan merupakan kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
·
Permintaan merupakan keinginan terhadap
produk-produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk
membelinya.
·
Produk merupakan suatu yang dapat ditawarkan
kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
·
Nilai merupakan konsumen terhadap
kapasitas produk secara keseluruhan untuk memuaskan kebutuhannya.
·
Konsumen merupakan pemakai akhir,
sedangkan pelanggan sering di artikan sama dengan pembeli yang bertindak
sebagai agen bagi konsumen akhir.
MANAJEMEN
PEMASARAN
Keadaan
permintaan dan tugas pasar
Ada delapan
keadaan permintaan yaitu:
1.
Permintaan negatif
2.
Tidak ada permintaan
3.
Permintaan terpendam
4.
Permintaan menurun
5.
Permintaan yang tidak beratuaran
6.
Permintaan penuh
7.
Permintaan yang berlebihan
8.
Permintaan yang tidak sehat
Falsafah
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
Manajemen pemasaran merupakan sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran
merupakan variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang
terdiri dari: produk, harga, distribusu, dan promosi.
·
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat
ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, digunakan, atau
dikonsumsi pasar sebagi pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang
bersangkutan.
·
Harga merupakan variabel yang dapat
dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya suatu produk leh konsumen.
·
Distribusi merupakan masalah lain yang
akan dihadapi perusahaan pada saat produk selesai diproses.
·
Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti
luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan
(penjual) untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.
*TUJUAN SISTEM PEMASARAN
1.
Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.
2.
Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.
3.
Tingkat pilihan konsumen yang maksimum.
4.
Kualitas hidup konsumen yang maksimum.
*Pendekatan
dalam Mempelajari Pemasaran
A.
Pendekatan serba
fungsi Dari siapa saja pendekatan pokok pemasaran itu, yaitu: pembelian,
pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko,
standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar
B.
Pendekatan serba
lembaga Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran,
misal : produsen, supplier, perantara dagang, dsb.
C.
Pendekatan serba
barang Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen
industri.
D.
Pendekatan serba
manajemen Dilihat dari pendapatan manajer serta keputusan yang diambil.
E.
Pendekatan serba
sistem Pendekatan serba sistem atau pendekatan sistem total ini mencakup elemen-elemen
yang luas dalam sistem pemasaran, termasuk keempat pendekatan di muka. Oleh
karena itu pendekatan sistem total tersebut banyak dipakai dalam buku-buku
tentang pemasaran.
Referensi :
http://id.scribd.com/doc/187329844/BAB-VI-PENGANTAR-BISNIS-PEMASARAN
http://id.scribd.com/doc/187329844/BAB-VI-PENGANTAR-BISNIS-PEMASARAN
http://ichsaninteristi.ngeblogs.com/2011/11/
http://dwisetiati.wordpress.com/2010/12/20/30/
http://nurlaellasari.blogspot.com/2011/10/bab-6-pemasaran.html
No comments:
Post a Comment